Artikel

Pemkab Bireuen Terima Penghargaan Ombudsman


BIREUEN –
 Pemkab Bireuen menerima piagam penghargaan penganugerahan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan public tahun 2023 dari Ombudsman, Kamis (25/1/2024) di Anjong Monmata, Banda Aceh.

Penghargaan berdasarkan ketua Ombudsman RI Nomor 418 tahun 2023  diserahkan langsung ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih didampingi Pj Gubernur Aceh, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Aceh diterima Plt Asisten Administrasi Umum, Setdakab Bireuen, Zaldi AP S Sos.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Bireuen, Zubair SH MH kepada Serambinews.com mengatakan,  penganugerahan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik merupakan penilaian yang dilakukan Ombudsman RI untuk mendorong penyelenggara pelayanan public mematuhi standar pelayanan. Standar pelayanan  sesuai dengan undang-undang nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Kabupaten Bireuen menjadi salah salah satu dari dua kabupaten dengan kualitas pelayanan publik terbaik di Aceh dengan nilai 88,53 (zona hijau).

Proses penilaian yang dilaksanakan oleh Ombudsman dilaksanakan di tujuh lokasi khusus (lokus)  atau lokasi di Bireuen yaitu Dinas Pendidikan, DPMPTSP, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas Simpang Mamplam dan Puskesmas Jeunieb.

Hasil penilaian tersebut bidang pelayanan, maka Bireuen menerima piagam penghargaan tersebut. 

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih dalam sambutannya mengatakan, meningkatnya jumlah kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang masuk ke dalam zona hijau dapat diartikan bahwa pemenuhan standar pelayanan, kompetensi penyelenggara dan pengelolaan pengaduan tahun 2023 lebih baik dari tahun 2022.

Penerimaan anugerah tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen, Kepala DPMPTSP, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bireuen.(*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Pemkab Bireuen Terima Penghargaan Ombudsman, https://aceh.tribunnews.com/2024/01/25/pemkab-bireuen-terima-penghargaan-ombudsman.
Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat